Kamis, 18 Desember 2008

Jangan Men-judge Orang dari Cover..


Kayanya gw sependapat sama pepatah itu. Orang itu lebih sering menilai orang lain dari penampilan luarnya. Padahal, penampilan luar bisa menipu sodara-sodara....

Sebuah cerita nyata dari temen gw sendiri yang katanya diajak ngobrol cowo berpenampilan perlente di angkot. Segitu terlihat inteleknya tuh orang sampai-sampai temen gw terkesima ngeliat tuh orang. Buset, jangan terbuai jeng... Setibanya di tempat tujuan, temen gw mau telpon nyokapnya mau minta jemput, lo harus tau hp nokia keluaran terbaru raib begitu aja.

Jangan ditanya shocknya bukan maen. Temen gw baru sadar kalo si maling adalah seorang berpakaian perelente yang ngajak dia ngobrol. Makanya, jangan tertipu sama penampilan luar sesorang belum tentu orang yang penampilannya oke, attitude-nya juga oke.

Gw juga pernah ngalamin menilai orang padahal gw gatau siapa mereka sebenernya. Ya...itu yang gw alamin saatb gw menilai anak-anak punk. Sori-sori aja nih gw selalu berpikir kalo anak punk adalah anak-anak yang selalu urakan sedunia. Pandangan gw berubah drastis saat gw melakukan invetigasi mendalam tentang mereka.

Gw ikut nongkrong ama mereka. Mereka welcome banget sama gw dan temen-temen gw. Mereka sama sekali ga ngeganggu gw. Mereka dengan ramahnya ngejawab pertanyaan-pertanyaan gw. Wow!!Gw bener-bener takjub teman-teman..... 

Ternyata mereka berprinsip "terserah orang mau ngomong apa tentang kita. kita ga peduli selama kita ga ganggu orang dan orang juga ga ganggu kita". Gw salut mereka tetep bisa jadi diri mereka sendiri. Ga kaya kita, ada yang lagi nge-trend kita ikutin. Mereka punya karakter kuat.

Gw dapet banyak pelajaran dari sini. Jangan pernah menilai orang yang ga kita kenal  seenaknya. Buat kita-kita anak komunikasi yang belajar tentang persepsi dan komunikasi antarpribadi sebaiknya terapin deh disini. Kalau lo pengen dimengerti orang, lo harus mengerti orang lain. Pesen gw jalin komunikasi antarpribadi dengan orang yang ga kita kenal sebelum kita menilainya supaya kita ga salah mempersepsi orang itu.

Tidak ada komentar: