Jumat, 19 Desember 2008

First Time Wawancara Anggota DPR....


Dapet tugas akhir praktik lapangan 3...huaaaaaa...Pak Sahala nyuruh nyari narasumbernya itu Caleg DPR RI. Tadinya, gw udh hopeless bgt. Ga gampang kali nyari orang-orang sibuk kaya gtu. Apalagi, ga punya koneksi. Jangan mimpi deh. Yang ada kita dicuekin. Tapi, kita ga pernah tau kan kalo ga nyoba.

Lewat seminggu tugas itu diberikan, gw belum mendapat narasumber. Gw heboh nyuruh org rumah buat nyariin. Alhasil, orang-orang di rumah heboh telpon-telponin kenalan yang sekiranya bisa bantu.

Usaha gw ga cuma sampe situ, pas gw lagi browsing, gw nemuin blog seorang caleg dari Partai Hanura namanya Ratna Ariani dan ternyata caleg tersebut memiliki account di facebook. Gw kirim aja  pesan lewat facebook dan dia ngerespon dengan baik. Ternyata facebook manfaatnya gede banget.

Dia ngasi nomer hpnya dan dia nyuruh gw untuk ngubungin dia. Di hari yang sama, om gw yang gw mintain tolong untuk mencari narasumber juga ngasih tahu kalo Angelina Sondakh bisa diwawancarai, tapi cuma bisa lewat email. Lo semua tahu lah ya,  Angelina Sondakh sibuknya setengah mati. Yang gw denger, selain nyiapin diri buat pemilu  mendatang, dia lagi mau nyelesein S3-nya. Wow....Cuma itu komentar yang keluar dari mulut gw . Gila dia ternyata memang punya kualitas buat jadi  anggota DPR, bukan modal ketenaran.

Gw ngerasa ga puas kalo cuma lewat email. Terus, om gw bilang bakal nyariin lagi. Percaya atau tidak, di hari yang sama juga, nenek gw bilang kalo dia juga punya kenalan seorang caleg. Nenek saya menyuruh saya untuk menghubungi temannya itu. Saya hubungi caleg tersebut dan dia menyanggupi untuk diwawancara hari minggu. Narasumbernya bernama Ibu Eva  dari suatu partai.

Om gw ngubungin gw lagi, katanya dia dapet narasumber untuk gw. Dia telah menduduki kursi DPR dan akan mengikuti pemilihan caleg untuk periode mendatang. Narasumbernya bernama Indria Octavia Muaja dari Partai Demokrat. Dia menyanggupi wawancara pada Kamis 11 Desember 2008 di Gedung DPR.

Sumpah gw bingung setengah mati. Disaat gw benar-benar nyari, gw ga dapet. Tapi, pas gw udah pasrah ga dapet narasumber, semua narasumber menyatakan bisa diwawancara. Akhirnya, atas berbagai pertimbangan gw  mutusin milih Ibu Indria dari Partai Demokrat. Narasumber lain gw kasih ke temen-temen.

First Time Masuk Gedung DPR
Hari wawancara sama Ibu Indria tiba juga. Gw deg-degan banget. Agak ga percaya diri karena baru pemula. Gw siapin baju yang sopan. GW siapin alat-alat wawancara. Terus berangkat  ke Gedung DPR sama mama.

Buseeeeettt...Gedung DPR gede banget yaa..hahaa..Norak deh gw.  Gw kalo dilepas sendirian ilang kali ya. Perjuangan gw  untuk wawancara  Ibu Indria ga sampai disitu. Gw harus nunggu sejam lebih buat ketemu dia. Maklum lah ya, urusan dia banyak. So, gw ngerti banget. Akhirnya, jam 1  siang, gw ketemu dia di ruang  Kepala BURT Komisi IV (jabatan yang lagi dia dudukin).

Wawancara dimulai..... Ga lama sih, cuma sekitar 40 menit. Soalnya Ibu Indria  sibuk banget dan mau ada rapat lagi.  Ibu Indria ternyata sosok yang baik. Dia santai banget ngejawab semua pertanyaan-pertanyaan gw. Rasa takut gw sirna karena ternyata di welcome banget sama gw. 

Gw salut sama dia,  dia punya karier bagus di politik dan dia secara jujur mengakui kalo  ga gampang ngebagi waktu antara karier politik dan keluarganya. Tapi, dia perempuan hebat. Buktinya, suaminya ngedukung banget karier Ibu Indria. 

Di akhir wawancara, kita foto bareng. Buat kenang-kenangan. Kapan lagi gw bisa foto sama pejabat negara. Bener-bener gw dapet banyak pengalaman.  Terakhir gw mau makasih yg sebesar-besarnya buat :

  • Om Boy karena udh nyariin narasumber
  • Ibu Indria  Octavia Muaja karena udh bersedia di wawancara
  • Mama karena udh menjadi fotografer pas wawancara
  • Tante Ida karena udh nganterin ketemu Ibu Indria
  • Dan semua pihak yang ngebantuin gw ngerjain PL3

Tidak ada komentar: