Sabtu, 20 Maret 2010

Give Your Blood....

Sebelumnya gw sama sekali ga ada ada niatan buat donor darah. Bukan karena ga mau nolong sesama, tapi alesan yang sangat amat klise, takut liat darah plus jarum suntiknya. Sampai suatu saat gw pengen donor, dan segitu sedihnya karena tekanan darah gw ga bagus, jadi ga bisa donor. Padahal, gw udah ngumpulin segenap kekuatan buat donor. Sang dokter bilang, "TIDAK BISA!!!" Sepertinya saat itu gw kurang tidur atau kelewat cape.
Untungnya kesempatan datang lagi. 18 Maret kemaren, salah satu jurusan di kampus gw ngadain acara amal, donor danar. Dan gw dinyatakan SEHAT! Sebenernya gw kembali takut. Takut darah dan jarum suntik. Tapi, gw berusaha buang jauh-jauh rasa takut, demi kemanusiaan. Gw yakin di luar sana, banyak orang yang butuh darah. Jadi, ketika gw bisa membantu kenapa ga.
Ternyata, donor darah ga sehoror yang gw bayangin. (walaupun gw ditusuk ampe 2 kali) Ternyata enak dan ujung-ujungnya bikin nagih. Hahaha... insyaAllah, Rencananya 3 bulan mendatang gw mau lagi donor darah :)

Manfaatnya....
Nah pas gw browsing-browsing tentang manfaat donor darah, gw nemunin kalimat ini "Donor darah terutama baik bagi mereka yang memiliki kandungan besi dalam darah berlebihan karena besi yang berlebih cenderung akan menumpuk pada berbagai organ vital seperti jantung, liver, ginjal dan mengganggu fungsinya (hemokromatosis). Selain itu, beberapa penelitian medis, walaupun belum sempurna dijelaskan secara medis, mengemukakan bahwa donor darah rutin akan membantu kelancaran aliran darah (sistem kardiovaskular). Pengurangan kekentalan darah sehingga menjamin kelancaran suplai darah bagi tubuh tersebut ditengarai menyebabkan efek positif bagi jantung, sehingga pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa donor darah rutin mampu membantu mengurangi angka kejadian serangan jantung pada pria."(Wikimu.com)
Pas tau manfaatnya kaya gitu gw makin semangat jadi pendonor!

Siapa aja sih yang bisa donor darah?
Yang pasti usia 17-60 tahun yang sedang dalam kondisi sehat. (Perempuan yang lagi kedatangan tamu ga boleh lho, kurang tdr juga ga boleh.)

Jadi, tunggu apa lagi? Kalo lo sehat dan mau nolong sesama. Kenapa ga sesegera mungkin. Di luar sana banyak yang membutuhkan tetes demi tetes darah kita. Go Go Go! Give ur blood!

2 komentar:

Dimas Dito mengatakan...

oh itu jadi sebabnya lo donor darah ur? mau kurangin besi ya. badan lo isinya besi semua sih. hahahhahaaa

Anisa Saptari mengatakan...

heh kurang ajar maneh!maneh donor darah juga dong kali aja bisa putihan!hahahaaha